Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di Indonesia Go Organik..Solusi Indonesia Hijau ..... Hijaukan Indonesia dengan Pertanian Terpadu Bebas Sampah .... Indonesia Integrated Farming Zero Waste...STOP GLOBAL WARMING

Minggu, 09 Agustus 2009

“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern


Prinsip dari Strategi Pemasaran

“Seni Perang” Sun Tzu untuk Pelaku Bisnis Modern

by; H.Asrul Hoesein, organicjournalonline.blogspot.com


Sun Tzu berkata;

“Semakin banyak perencanaan akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk menang. Kurangnya perencanaan akan mengurangi kesempatan untuk menang. Apa yang terjadi bila tidak ada perencanaan sama sekali?”

“Perang adalah masalah yang amat penting bagi Negara, maslah hidup dan mati, jalan menuju ke kejayaan atau kehancuran. Oleh karena itu, perang harus dipelajari masak-masak”.

Selama ribuan tahun, manusia mengembangkan prinsip yang dipakai sebagai pedoman untuk mengatur aksi. Sun Tzu mendaftar lima kondisi dan tujuh sifat sebagai prasyarat untuk membuat rencana. Bauran pemasaran yang sering dikenal dengan 4P dari pemasaran telah dikembangkan menjadi delapan. Daftar manual medan tentara Amerika mencantumkan Sembilan prinsip sebagai fondasi dari strateginya. Dari tentara dunia dan dari pengalaman praktis entrepreneur seorang Gerald A.Michaelson, seorang penulis/penerjemah buku Sun Tzu meramu menjadi dua belas prinsip sebagai batu landasan dari pemasaran yang hebat.

Semua prinsip menyertakan karakteristik sebagai beikut;

  1. Hukum menujukkan kebijaksanaan dari tindakan tertentu.
  2. Kondisi yang dapat mengarah menjadi sukses.
  3. Kebenaran fundamental yang relevan untuk sukses dari disiplin tersebut.

Kalau Anda mengikuti semua prinsip, tidak ada jaminan untuk menang. Kalau Anda mengabaikan semua prinsip ini. Anda pasti kalah. Mungkin satu prinsip dapat dianggap sebagai pedoman yang kadang-kadang dapat dilanggar, tetapi harus selalu dipertimbangkan. Prinsip paling sering diabaikan oleh anak muda, perusahaan baru. Banyak bukti nyata yang menunjukkan bahwa pemenang selalu setia mengikuti prinsip.

Prinsip tidak akan berubah dengan perjalanan waktu, seperti yang akan kita sadari dalam menerapkan kebijaksanaan Sun Tzu yang abadi, prinsip dasar yang sama mengarahkan banyak pemimpin hebat selama berabad-abad. Doktrin taktis direvisi dengan dengan setiap perubahan teknologi atau teknik.

Aplikasi dari prinsip-prinsip ini adalah seni. Dalam seni inilah pertimbangan berperan. Aplikasi memerlukan pertimbangan yang baik berdasarkan pada pemahaman dari prinsip-prinsip ini. Aplikasi dari fungsi perencanaan disebut strategi. Aplikasi pada pelaksanaan rencana ini adalah taktik. Buatlah analisa prinsip-prinsip ini secara menyeluruh. Penilaian sebelum perang sering diabaikan dalam tindakan yang terburu-buru.

Dua belas Prinsip tersebut adalah :

  1. Hormati Pelanggan. Bila pelanggan Anda tidak membeli produk, atau jasa Anda, tidak ada lagi yang penting.
  2. Mengatur Intelegensi. Kenali pasar Anda, kenali diri Anda sendiri.
  3. Mempertahankan Tujuan. Kehendak yang jelas dan tujuan yang teguh.
  4. Posisi Aman, Kuasai posisi yang tidak dengan mudah dapat direbut oleh pesaing Anda.
  5. Tindakan Menyerang, Tetap menyerang untuk mengamankan kebebasan tindakan.
  6. Kejutan. Kejutan adalah cara yang terbaik untuk memperoleh dominasi psikologis dan mementahkan inisiatf lawan Anda.
  7. Manuver. Rute paling mudah sering merupakan jalan paling berat untuk dipertahankan; jalan memutar yang paling panjang mungkin jalan yang paling pendek untuk pulang.
  8. Konsentrasi Sumber Daya. Memiliki kekuatan massal superior yang memadai di tempat dan waktu yang paling menentukan.
  9. Ekonomi Kekuatan. Nilai secara akurat di mana Anda menyebarkan sumber daya Anda.
  10. Struktur Komando. Proses manajemen yang baik melepaskan ikatan kekuatan sumber daya manusia.
  11. Kepemimpinan Pribadi. Diperlukan kepercayaan pemimpin pada bawahannya dan kepercayaan mereka pada kemampuan pemimpin untuk menang.
  12. Kesederhanaan. Bahkan rencana yang paling sederhanapun sulit dilaksanakan.

Silakan ikuti terus tulisan Sun Tzu, di Blog ini. Karena dua belas prinsip diatas akan diuraikan secara detail mengenai Strategi “Seni Perang” Sun Tzu to Pemasaran berikutnya, selamat membaca dan menerapkannya.

Sukses untuk Anda………

Pustaka

1. Thomas Cleary, Seni Perang Sun Tzu, Jakarta 2002. Penerbit Erlangga.

2. Khoo Kheng Hor, Applying Sun Tzu’s Art of War in Marketing, Sun Tzu dalam Pemasaran

3. Gerald A.Michaelson dan Steven W.Michaelson, Sun Tzu Strategi Untuk Pemasaran, Sun Tzu Strategies for Marketing,

4. Gerald A.Michaelson dan Steven W.Michaelson, Sun Tzu Strategi Untuk Penjualan, Sun Tzu Strategies for Selling.


Masukkan Email Anda di SINI:

Berlangganan Postingan GRATIS by Email

Recomended

Our Blogger Templates

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP