Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di Indonesia Go Organik..Solusi Indonesia Hijau ..... Hijaukan Indonesia dengan Pertanian Terpadu Bebas Sampah .... Indonesia Integrated Farming Zero Waste...STOP GLOBAL WARMING

Kamis, 30 Juli 2009

Press Release Gerakan Indonesia Hijau


Kepada Yang Terhormat
Rekan Peduli Lingkungan Hijau
Gerakan Indonesia Hijau

Assalamu Alaikum N Salam Sejahtera;
Sebuah komunitas peduli lingkungan yang telah kami dirikan bersama teman sevisi dalam situs jejaring social (facebook) dengan motivasi atau terdorong akan kondisi alam Indonesia yang semakin terpuruk dewasa ini yang dibuktikan dengan timbulnya berbagai bencana alam > mulai dari banjir, bendung/tanggul jebol, hutan gundul, tanah longsor, luapan lumpur, dll. Bencana-bencana tersebut hampir merambah seluruh Indonesia. Ini semua diakibatkan oleh kesalahan manusia itu sendiri.
Komunitas ini adalah sebuah group diskusi & informasi serta merencanakan/membuat program aksi menuju Indonesia Hijau dan Sehat serta Indonesia Mandiri Energi, termasuk komunitas ini akan mengarahkan masyarakat (melalui pemerintah/perusahaan swasta/BUMN) untuk turut aktif dalam mengelola/peduli lingkungan, dengan berbagai program aksi antara lain : pengelolaan sampah menjadi Pupuk Organik dengan pola komunal, menggerakkan masyarakat secara berkelompok, penanaman pohon/tanaman produksi dan tanaman produktif (jarak pagar, dll) yang bisa dijadikan sebagai sumber/bahan baku energi terbarukan di masyarakat, dengan menggerakkan/mengaktifkan/membentuk kelompok tani yang ada di pedesaan, juga mengantisipasi/pengelolaan sumber2 air minum diperkotaan dan Desa/Kecamatan/Kabupaten.
Melalui group ini Anda dapat memperoleh informasi terkini hal pengelolaan lingkungan (olah sampah/limbah, Bagamana & Apa kelebihan pupuk organik terhadap tanaman dalam meningkatkan derajat kesehatan, dll), merubah pola pikir masyarakat petani/pekebun yang awalnya enggan/tidak memahami sumber pupuk yang ada disekitarnya (limbah kotoran hewan/tumbuhan termasuk olah sampah rumah tangga. Ini semua menjadi target pengelolaan, yang awalnya didahului dengan perubahan paradigma pada masyarakat tentang apa dan bagaimana sampah/limbah dengan hubungannya dengan manusia. Kedepan komunitas ini akan membentuk kantor perwakilan di setiap provinsi (Kab/Kota) di Indonesia, hal ini semua tergantung kesiapan teman-teman di daerah untuk mengelolanya secara mandiri (otonom)
Silakan berbagi tema diskusi, dan berbagi informasi lainnya. Gerakan Indonesia Hijau ini ada karena AnDa, untuk AnDa, dan oleh AnDa.dan bergabunglah di sini demi kepedulian terhadap lingkungan yang bersih,indah nan sehat, tentu tanpa mengesampingkan aspek ekonomi, social dan ekologi. Semoga group ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Diharapkan dengan pertemanan melalui media FB/Blog ini dapat terjalin/bermanfaat bagi diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia yang sama kita cintai ini.

Visi, Misi & Program Aksi Gerakan Indonesia Hijau:

Visi; Hidup Sehat, Bermartabat, Berakhlak & Berwawasan Lingkungan,
Misi: Melestarikan lingkungan/alam/hutan & HAM (perubahan paradigma tentang limbah/sampah, terbuang menjadi berharga, daur ulang, pupuk organic, bahan kerajinan, bahan baku industri dll)
Program Aksi: Menanam Pohon/Mengolah Limbah/Sampah, Memanfaatkan Energi Terbarukan, dengan melibatkan masyarakat/pemerintah/perusahaan (BUMN/BUMD)
Benefit menjadi anggota Gerakan Indonesia Hijau >

Insya Allah, setidaknya beberapa keuntungan yang didapatkan bila bergabung dengan komunitas ini al:

  1. Memperoleh informasi terkini tentang pengelolaan lingkungan olah sampah/limbah basis komunal atau industri rumahan(menengah dan besar), dengan melibatkan anggota komunitas ini (penginisiatif/pelopor/memanage/mengelola) disekitar wilayahnya baik secara perorangan, maupun menginisiasi terbentuknya kelompok usaha di masyarakat/pemerintah/perusahaan di propinsi masing-masing. dengan menyiapkan draf proposal di masing-masing wilayahnya baik diajukan kepada pemeritah daerah maupun kepada perusahaan dalam memanfaatkan dana CSR di perusahaan multi nasional dan BUMN/BUMD.
  2. Bagamana & Apa kelebihan pupuk organik terhadap tanaman dalam meningkatkan derajat kesehatan, termasuk melipat-gandakan harga jual (meningkatkan ekonomi petani) dari hasil pertanian yang berbasis organik, misalnya; yg terjadi pada pasar swalayan (super-market), sayuran pakai pupuk organik “dijual lebih mahal” dari sayuran biasa/basis pupuk an-organik (urea,tsp,dll). Hal ini menjadi salah satu target sosialisasi dari komunitas ini (GIH)
  3. Manajemen GIH juga akan menginformasikan atau setidaknya membantu dalam penyiapan sarana dan prasarana pengolahan sampah/limbah kepada masyarakat/real estate/pabrik/instansi/rumah sakit dll, antara lain seperti > Alat /Mesin olah sampah/limbah (komposter), mesin pencacah serta bahan baku utama (activator) dalam pembuatan pupuk organic, dengan kemudahan dalam pemasaran produk (pola principal).
  4. Gerakan Indonesia Hijau akan menggandeng/bermitra perusahaan-perusahan sebagai penyedia sarana dan prasarana produksi; alat Pencegah banjir (Bio Pori), Tanaman Jarak Pagar dan sejenisnya (termasuk perusahaan Industri Perakitan Mesin Bio Diesel/Mesin Pres Biji Jarak Pagar menjadi minyak jarak dan bio diesel, dll). Perusahaan produsen pengolah limbah/sampah yang sehubungan dengan kegiatan dilapangan, bagi teman2 yg bergerak dibidang tersebut, bisa menghubungi komunitas ini, demi memudahkan alur informasi kepada yang membutuhkan produknya tsb atau email ke ; hasrulhoesein@yahoo.co.id
  5. Komunitas ini akan menggandeng perguruan tinggi (tersebar) dalam rangka riset serta konsultasi dalam program aksinya, antara lain > UI, IPB, ITB, UGM, ITS, USU, Unhas, Undip dan universitas lainnya di Indonesia, termasuk akan bekerjasama dengan LSM/NGO dalam dan luar negeri.
  6. Sebelum komunitas melangkah dalam program aksi (demi efisiensi) yang menjadi prioritasnya maka akan terlebih dahulu mengangkat issu/masalah apa yang perlu mendapat prioritas dlm sebuah diskusi/seminar (online atau tatamuka/seminar), untuk mengidentifikasi masalah di setiap kab/kota/provinsi, termasuk penyiapan SDM untuk mengelolanya di masing-masing wilayah sasaran.
  7. Gerakan Indonesia Hijau akan menggandeng Tokoh (lintas) Agama, Tokoh Masyarakat / Pemuda dalam mensosialisasi pentingnya melestarikan lingkungan/alam.
  8. Mendorong atau mengajak perusahaan swasta nasional atau multi nasional termasuk BUMN/BUMD Serta perusahaan Asing yang bergerak di Indonesia untuk mengefektifkan atau mengarahkan/menyarankan penggunaan dana CSR masing-masing perusahaan yang dimaksud.
  9. Gerakan Indonesia Hijau akan bermitra dengan pemerintah (pusat dan daerah) dalam merealisir maksud keberadaan komunitas ini. Memberi gambaran/saran/kritik konstruktif kepada pemerintah dalam menyusun perencanaan program termasuk menanggulangi pengangguran dengan memberi motivasi/usaha kelompok bersama/home industri, serta memberi konsep/strategi pemanfaatan energi terbarukan menuju Indonesia Mandiri Ekonomi dan Mandiri Energi yang berwawasan (ramah) lingkungan dan HAM.


Informasi Kontak/Gabung Gerakan Indonesia Hijau;

http://www.facebook.com/group.php?gid=101505667902
Email : GerakanIndonesiaHijau@yahoo.co.id
Alamat FB : http://www.facebook.com/people/Asrul-Hoesein/1789484157
Blog Person : hasrulhoesein.blogspot.com ; asrulhoesein.wordpress.com


Salam Hormat
H.Asrul Hoesein (pendiri)
Mobile: +6285215497331
Email: hasrulhoesein@yahoo.co.id

Masukkan Email Anda di SINI:

Berlangganan Postingan GRATIS by Email

Recomended

Our Blogger Templates

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP